SPJ Sampai 44 Rangkap, Jokowi: Laporan Bertumpuk-tumpuk Tapi Korupsi Banyak


 Khas Tolol nya manajemen birokrasi Indonesia .. karena laporan bertumpuk maka diperbanyak ibadah.. hehe walhasil korupsi..
Nggak heran Negeri yang ultra agamis ini rekor korupsinya juga masih juara !
Rabu 07 Dec 2016, 12:23 WIB

Maikel Jefriando – detikFinance
SPJ Sampai 44 Rangkap, Jokowi: Laporan Bertumpuk-tumpuk Tapi Korupsi BanyakFoto: Maikel Jefriando
Jakarta – Pegawai Negeri Sipil (PNS) butuh waktu lama untuk mengurus surat pertanggungjawaban (SPJ) dinas ke luar kota/negeri. Ini karena berkas yang dilaporkan bisa mencapai 44 rangkap.

Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri keuangan, Sri Mulyani Indrawati, untuk menelusurinya. Dari hasil penelusuran, banyaknya berkas yang harus dilampirkan saat mengurus SPJ dikarenakan ada beberapa jenjang atasan yang harus mendapat laporan tersebut.

PNS khawatir bila satu saja atasannya tidak menerima lampiran SPJ, maka pertanggungjawabannya akan dipermasalahkan di kemudian hari.

“Setelah saya suruh telusuri ternyata Bu Menkeu benar. Ternyata misalnya perintah dari pusat. Jadi misalnya 2 laporan, di bawahnya itu ada 4 laporan, ke bawah lagi 16 laporan. Karena ketakutan,” kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (7/12/2016).

Padahal menurut Jokowi, tak perlu banyak laporan untuk memastikan tidak ada penyelewengan dalam kegiatan perjalanan dinas yang dilakukan PNS.

Justru menurutnya, yang lebih penting bukan banyaknya laporan, tapi manajemen kontrol.

“Menurut saya, paling penting dua (2 rangkap) cukup lah. Paling penting bagaimana mudah untuk dikontrol dan dicek. Jangan laporan bertumpuk-tumpuk, tapi korupsi juga masih banyak. Untuk apa? Tidak ada korelasi laporan bertumpuk-tumpuk itu korupsi kurang. Asal manajemen kontrol baik, saya kira penyelewengan akan berkurang,” tegas Jokowi. (dna/hns)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: