Kemenlu Belum Berhasil Pulangkan 16 WNI Dari Turki  


WNI ini sudah membakar paspor RI.. jika sudah sengaja membakar paspor RI.. lebih baik suruh jadi warga ISIS saja.. Ngapain gerombolan ini diterima di RI.. Mereka ingin ikut Khilafah ISIS.. Pulang ke RI mereka ini hanya bikin ricuh dan rusuh saja.
Atau biarkan pulang dengan kapal laut kemudian ditengelamkan di Laut Merah !
Laban Laisila | Nikolaus Tolen
Sabtu, 14 Maret 2015 | 17:55 WIB
Ilustrasi paspor. (Foto: shutterstock)
Ilustrasi paspor. (Foto: shutterstock)

Indonesia masih bernegosiasi dengan Turki soal nasib 16 WNI yang ditangkap menuju Suriah.

  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Suara.com – Kementerian Luar Negeri  Republik  Indonesia (Kemenlu RI) belum berhasil  memulangkan enam belas Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditangkap otoritas Turki.

Direktur perlindungan WNI Lalu Muhamad Iqbal mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih terus bernegosiasi dengan pemerintah Turki, terkait opsi yang akan diambil terhadap WNI yang didominasi oleh anak-anak tersebut.

“Opsinya tergantung hasil kesepakatan dengan pemerintah (Indonesia) dengan pemerintah Turki dan saat ini kita sedang membahasnya dengan pemerintah Turki,” kata Iqbal saat dihubungi Suara.com, Sabtu(14/3/2015).

Namun, menurutnya saat ini pemerintah Indonesia sendiri belum punya opsi sendiri terkait dengan hal tersebut. Pasalnya, Indonesia tidak bisa mengambil opsi lain sebelum adanya  opsi yang disepakati  bersama dengan pihak Turki.

“Pemerintah tidak ada opsi sendiri, karena kita harus sepakt  dengan pemerintahan Turki. Nanti hanya ada satu opsi, yakni opsi yang disepakati  tersebut. Saat ini ada ada KBRI, KJRI yang terus negosiasi dengan Pemerintah Turki,” jelasnya.

Seperti diberitakan bawah awalnya terdapat enam belas orang WNI yang menagadakan perjalanan ke Turki dinyatakan hilang karena terpisah dari rombongan tour  saat tiba di Turki.

Namun, ternyata  enam belas orang yang terdiri dari 11 orang anak-anak, seorang laki-laki dan empat orang perempuan tersebut yang akhirnya ditangkap oleh otoritas Turki tersebut bukanlah anggota dari rombongan tour.

Keenam belas orang tersebut saat ini masih ditangani oleh pemerintah Turki bersama Kemenlu Indonesia.Berdasarkan keterangan dari Menteri  Luar Negeri, Retno Marsudi bahwa keenam belas orang tersebut berencana  untuk menyeberang ke Suriah.

Menlu belum bisa memastikan apakah ke-16 WNI yang ditangkap otoritas Turki karena  akan menyeberang ke Suriah itu akan bergabung dengan gerakan Islamic State on Iraqi and Syria (ISIS).

Karena itu, Kementerian Luar Negeri  mengirim satu tim untuk terus meningkatkan kerja sama kita dengan Turki.

“Mudah-mudahan kalau tidak hari ini besok tim tersebut sudah berangkat,” kata Retno, Jumat (13/3/2015).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: