Polisi Selidiki Keterlibatan ISIS


(calon) teroris ini masih punya paspor Indonesia ? Jangan 2 mereka sudah bakar paspornya.. Jika iya ngapain dipulangin biar saja di  suruh ke Al Bab atau Raqqa biar sekalian musnah dihajar sama Rusia.

 

Koran Tempo
RABU, 28 DESEMBER 2016

JAKARTA – Kelompok Jamaah Ansharut Daulah diduga terlibat dalam pengiriman tiga warga negara Indonesia yang tertangkap di Turki pada 5 Desember lalu. Organisasi bentukan Aman Abdurrahman yang sudah menyatakan berafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) itu terkenal aktif merekrut anggota baru. “Mereka mencoba untuk membantu, semacam jihad,” ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Suhardi Alius, di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin.

Sebelumnya, pemerintah Turki menangkap tiga warga negara Indonesia (WNI) di Provinsi Hatay, yang berbatasan dengan Suriah. Ketiga orang itu adalah Tomi Gunawan, 18 tahun, warga Pekanbaru; Jang Johana (25), warga Bandung Barat; dan Irfan (21), dari Jakarta Utara. Mereka ditangkap oleh petugas setempat karena diduga hendak menyusup ke Suriah untuk bergabung kelompok pemberontak di sana.

“Diduga akan menyeberang ke Suriah untuk bergabung dengan FTF (kombatan asing ISIS),” ujar Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, Senin lalu.

Ketiga orang itu telah dideportasi ke Indonesia sejak Sabtu pekan lalu. Begitu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, mereka digiring ke Markas Korps Brigade Mobil di Kelapa Dua, Depok, untuk menjalani pemeriksaan.

Penyidik saat ini tengah mengorek informasi mengenai pendanaan dan akses menuju Turki yang dimiliki tiga orang tersebut. Suhardi menduga mereka dikirim oleh agen yang berpengalaman dan memiliki jaringan kuat. Jaringan tersebut juga berhubungan dengan sejumlah kelompok lama yang pernah berupaya memberangkatkan orang ke Suriah. “Beberapa sudah berhasil kami cegah, seperti di Bekasi dan Batam,” ujarnya. “Tapi yang lepas juga ada.”

Kepala Bagian Penerangan Umum Markas Besar Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan Tomi dan dua rekannya terindikasi akan bergabung dengan ISIS di Suriah. Karena itu, “Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri masih memeriksa secara intensif tiga WNI tersebut,” kata Martinus di Mabes Polri kemarin.

Terkait dengan dugaan kasus terorisme, kata Martinus, penyidik memiliki waktu 7 x 24 jam untuk melakukan pemeriksaan intensif. “Apabila tidak ditemukan informasi yang terkait dengan pekerjaan mereka untuk bergabung dengan ISIS, tentu penyidik bakal mengembalikan mereka,” ujarnya.

Ibunda Jang, Acih, mengaku tak percaya anaknya bergabung dengan jaringan teroris. “Sikapnya tak ada yang berubah, sering bantu orang tua,” kata Acih di rumahnya, di Desa Tagog Apu, Bandung Barat. Sedangkan ayah Tomi, Syafwardi, enggan berkomentar. “Saya sudah jelaskan ke polisi,” ujar Syafwardi singkat saat ditemui di rumahnya, di Perumahan Putri Tujuh, Panam, Pekanbaru. Namun Tempo belum berhasil menemukan keluarga Irfan untuk meminta konfirmasi. HUSSEIN ABRI DONGORAN | DEWI SUCI | PUTRA PRIMA PERDANA | RIYAN NOFITRA


 

Ke Suriah, Dari Berbagai Kota

Tiga warga negara Indonesia yang ditangkap di Turki pada 5 Desember lalu yang diduga hendak bergabung dengan kombatan asing ISIS dan berperang di Suriah mengaku tidak saling kenal. Mereka direkrut dari tiga kota berbeda dan baru berkumpul bersama setelah berada di Turki. Ketiganya telah dideportasi oleh pihak imigrasi Turki pada 24 Desember lalu.

Sejak Januari 2015, ada 220 WNI yang dideportasi dari Turki karena diduga hendak menyeberang ke Suriah.

Terduga:

1. Tomi Gunawan

Pekanbaru, Riau, (18 tahun)

2. Jang Johana

Bandung Barat, Jawa Barat (25 tahun)

3. Irfan

Jakarta Utara, DKI Jakarta (21 tahun)

Pola:

Diberangkatkan secara berombongan, terdiri atas 5-15 orang.

Jalur:

1. Jakarta, Indonesia ‘ Istanbul, Turki

2. Jakarta, Indonesia ‘ Malaysia ‘ Turki

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: