Isu reshuffle kabinet lagi..


Duh PKS jangan diajak lagi deh.. contoh kehancuran Indonesia 10 tahun menteri PKS : adalah soal daging sapi, cabe, dan bawang. sampai sekarang kita masih jadi sangat tergantung impor.. Amit amit deh.. Mendingan dari partai Demokrat aja..hehe..
Koran Tempo
SELASA, 03 JANUARI 2017

Partai Sodorkan Nama

JAKARTA – Sejumlah partai politik bergerak cepat menyiapkan kader mereka, seiring semakin santernya kabar rencana perombakan Kabinet Kerja episode ketiga. Presiden Joko Widodo dikabarkan berencana merombak komposisi kabinet sejak November tahun lalu, tapi diundurkan, dan diprediksi dilaksanakan pada awal tahun ini.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Perekonomian PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno, mengatakan partainya sudah menyiapkan sejumlah nama yang diharapkan bakal masuk bursa pengganti menteri. Hendrawan enggan menyebutkan siapa saja nama-nama calon menteri yang telah disiapkan itu. “Bukan untuk konsumsi umum,” ujarnya kemarin.

Ia memastikan bahwa daftar nama itu telah disampaikan kepada Presiden. Salah satunya adalah melalui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat bertemu dengan Presiden Jokowi. “Lebih elegan menyampaikan langsung ke Presiden sebagai pertimbangan,” Hendrawan menambahkan. “Namun semuanya tergantung Presiden, karena itu hak prerogatifnya.”

Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan partainya akan mengikuti apa pun keputusan Presiden. NasDem, ujar Suryani, siap jika kadernya diminta menjadi menteri, begitu pula jika tidak terpilih. “Karena kami mendukung pemerintah tanpa syarat,” katanya.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno menyebutkan bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur sebagai kader terbaik PAN. Namun PAN siap mengikuti keputusan Presiden. Adapun Partai Golkar siap mendukung peningkatan kerja kabinet. “Seluruh kader kami siap,” Sekretaris Jenderal Golkar Idrus Marham.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Arsul Sani mengatakan partainya tidak terlalu khawatir akan rencana perombakan kabinet. Pasalnya, “Menteri kami nilainya bagus,” ujarnya.

Namun Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Syaiful Bahri Anshori tidak yakin akan ada reshuffle dalam waktu dekat. Meski begitu, Syaiful melanjutkan, partainya memiliki banyak kader yang berkompeten jika memang dibutuhkan untuk menjadi menteri.

Rencana reshuffle kali ini juga dimanfaatkan Jokowi untuk menambah partai pendukung pemerintah. Seorang anggota parlemen mengatakan utusan presiden telah menemui pemimpin Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera untuk menawarkan posisi di kabinet. Menurut dia, Gerindra belum mengambil keputusan. “Ada kecenderungan Gerindra akan menerima,” katanya, Kamis pekan lalu. Sedangkan soal PKS, “Saya dengar PKS sedang menimbang.”

Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Puyouno membenarkan adanya tawaran tersebut. Tapi, sejauh ini, partainya belum mengambil keputusan. Kewenangan sepenuhnya ada di tangan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. “Apa pun keputusannya, kader di bawah akan mengikuti,” ujarnya, Jumat pekan lalu.

Juru bicara PKS, Mardani Ali Sera, memastikan partainya menolak tawaran tersebut. Menurut dia, harus ada yang menjadi penyeimbang pemerintah sekaligus memberikan kritik yang konstruktif. “Kalau kebijakan bagus, kami dukung. Kalau tidak, kami tolak,” katanya. HUSSEIN ABRI DONGORAN


 

Porsi Partai Bertambah

Presiden Joko Widodo telah dua kali mengubah komposisi menteri dan pejabat setingkat menteri. Semakin mengakomodasi keterlibatan partai politik.

Kabinet Kerja

26 Oktober 2014

19 dari kalangan profesional

15 dari partai politik

Jatah partai

PDIP : 5 orang

PKB : 4 orang

NasDem : 3 orang

Hanura : 2 orang

PPP : 1

Reshuffle Pertama

12 Agustus 2015

19 dari kalangan profesional

15 dari partai politik

Jatah partai

PDIP : 5 orang

PKB : 4 orang

NasDem : 2 orang

Hanura : 2 orang

PPP : 1 orang

Golkar : 1 orang

Reshuffle KEDUA

27 Juli 2016

18 dari kalangan profesional

16 dari partai politik

Jatah partai

PDIP : 5 orang

PKB : 4 orang

NasDem : 2 orang

Hanura : 1 orang

PPP : 1 orang

Golkar : 2 orang

PAN : 1 orang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: