Indeks Naik 1 Poin, Tapi Peringkat Korupsi Indonesia Turun


Minim..kemajuannya ya.. bayangkan posisi Indonesia masih kalah sama Rwanda dari segi transparansi dan kemudahan berbisnis, padahal negara mungil Afrika itu thn 94 kena musibah genosida.. Indonesia maju pelan karena direcokin oleh gerombolan fundamentalis radikal dan elit politik korup ..

 

Wednesday, January 25, 2017       19:44 WIB
Ipotnews – Indeks Persepsi Korupsi (CPI) Indonesia naik tipis pada 2016 dari level 36 pada 2015 menjadi 37, namun dari sisi peringkat global mengalami penurunan dari peringkat 88 menjadi 90 dari 176 negara.

Hal tersebut berdasarkan survei dan penilaian pakar yang dilakukan Transparency International rlin, yang dipublikasikan Rabu (25/1). Tahun lalu, survei dilakukan atas 176 negara dengan skala 0 hingga 100, di mana semakin besar indeks semakin tinggi peringkatnya.

Sekjen Transparency International Indonesia, Dadang Trisasangko mengungkapkan bahwa Indonesia telah membuat peningkatkan lima poin pada tahun lalu, meski masih menunjukkan kelemahan pada ketidakefektivan upaya menangkal korupsi. Semula, Indonesia diharapkan bisa mencapai ranking 50 pada 2016, namun gagal.

“Kemajuan lambat karena upaya pemberantansan hanya fokus pada sektor birokrasi,” kata Dadang. “Strategi ini tak signifikan mencegah korupsi di politik, hukum, dan sektor swasta.”

Transparency International menunjuk heboh Panama Papers – yakni bocornya data dari sebuah firma hukum di Panama yang mengatur investasi badan atau orang kaya global yang ingin menghindari pajak – sebagai pengingat bagi negara untuk mendorong transparansi di sektor swasta.

Secara global, Denmark dan Selandia Baru berada di peringkat teratas dengan indeks CPI 90, disusul Finlandia dengan skor 89 dan Swedia 88. Secara regional, Indonesia berada di peringkat keempat di belakang Singapura (85), Brunei (58), dan Malaysia (49).

Adapun indeks rata-rata global di level 43.(ha)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: