Oleh-oleh Menteri Susi dari Ceko  


luar biasa ibu Susi !

SENIN, 13 FEBRUARI 2017 | 22:41 WIB

Oleh-oleh Menteri Susi dari Ceko  

Menteri Kelautan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat memaparkan hasil perkembangan sidak di Benoa, Bali terkait penanganan kasus tindak pidana perikanan dan perbaikan tata kelola pasca sidak di gedung Mina Bahari, Jakarta Pusat, 8 November 2016. Tempo/Richard Andika Sasamu

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berkunjung ke Republik Ceko pekan lalu. Susi bertemu dengan para importir sekaligus Menteri Perindustrian dan Perdagangan Ceko Jan Mladek.

Melihat potensi pemasaran produk laut Indonesia di sana, Susi meminta para pengusaha untuk memperkuat ekspor ke negara tersebut.

Baca : Menteri Perindustrian: Gross Split Genjot Kandungan Lokal Industri Migas

“Indonesia seharusnya menargetkan negara-negara landlock (terkurung daratan) seperti Ceko untuk pemasaran produk-produk hasil laut kita. Banyak demand dari mereka untuk tuna loin dan crab meat misalnya,” ujar Susi dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 Februari 2017.

Baca : Dirjen Pajak Luncurkan Aplikasi Buka Rahasia Bank

Saat ini, impor produk perikanan Ceko dari Indonesia berada di peringkat ke-19, jauh di bawah Vietnam dan Tiongkok. Sejak 2011, nilai impor produk perikanan dari Indonesia cenderung menurun meskipun masih surplus. “Kita ingin tingkatkan perdagangan langsung karena selama ini Ceko impor produk Indonesia tetapi melalui negara lain.”

Baca : Jasa Raharja Naikkan Santunan Kecelakaan Dua Kali Lipat

Susi pun mengajak pebisnis Ceko untuk berpartisipasi dalam Marine and Fisheries Business Forum yang rutin digelar kementeriannya setiap bulan. “Kami lakukan business matchmaking dari demand pasar atau keahlian yang dimiliki pebisnis Ceko dengan apa yang bisa dipasok atau dibutuhkan pebisnis perikanan di Indonesia,” ujar Susi.

Menurut Susi, kementeriannya juga berkomitmen untuk mengajak pengusaha mempromosikan produk-produk perikanannya dan responsif terhadap permintaan pasar. “Ada perusahaan seafood Ceko yang ingin impor langsung dari perusahaan Indonesia misalnya tapi tidak jadi karena tidak ada balasan dari pengusaha tersebut,” katanya.

ANGELINA ANJAR SAWITRI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: