Jokowi Ingin Sumatera Utara Jadi Hub Internasional


ok sih, asal provinsi yang selalu juara urusan korupsi dan gubernurnya selalu masuk penjara  dibersihkan dulu dari semua tikus kurap yang berkeliaran di lingkungan birokrasi. Revolusi mental benar benar harus diterapkan di provinsi kaya nan busuk ini

yang kedua warga SUMUT juga harus diberi pelajaran mengenai “hospitality”,  menurut saya sih turis masih malas ke SUMUT, karena perlakuan terhadap turis masih  kasar, baik  mulai dari cara berbicara dan prilaku kesehariannya.. Masih jauuuuuh banget sama Bali  dan Jogjakarta.

KAMIS, 16 FEBRUARI 2017 | 16:47 WIB

Jokowi Ingin Sumatera Utara Jadi Hub Internasional

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas membahas LRT di Kantor Kepresidenan, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, 6 Februari 2017. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menggelar ratas terkait Proyek Strategis Nasional (PSN). Kali ini, Jokowi menggelar rapat terkait PSN di Provinsi Sumatera Utara yang ditargetkan bisa menjadi hub (pusat kegiatan) berskala internasional.

“Secara geografis, Sumatera Utara memiliki posisi strategis karena berada di jalur palayaran internasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand,” ujar Jokowi saat membuka ratas di Istana Kepresidenan, Kamis, 16 Februari 2017.

Jokowi  melanjutkan menjadikan Sumatera Utara menjadi hub internasional harus diikuti dengan langkah langkah lain. Salah satunya, menggenjot pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan, bandara dan jalan tol yang berkaitan erat dengan konsep hub internasional.

Baca: Permudah Investasi, Thomas Lembong Siapkan Tiga Strategi

 

Sebagai catatan, salah satu PSN di Sumatera Utara yang telah diusulkan pemerintah via Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas adalah Tol Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Parapat- Tarutung-Sibolga. Selain itu, ada juga proyek Kereta Api dengan jalur Tebing Tinggi hingga Kuala Tanjung.

“Kesiapan infrastruktur akan berdampak pada kecepatan pengembangan kawasan ekonomi khusus di Sei Mangkei maupun kawasan industri khusus lainnya yang sedang kita siapkan sebagai mesin pertumbuhan ekonomi di Sumatera,” ujar Jokowi.

Baca: Aset Lembaga Jasa Keuangan Khusus Naik 16 Persen

 

Terakhir, Jokowi mengingatkan bahwa kawasan Sumatera Utara juga bisa dikembangkan sebagai salah satu tujuan utama pariwisata. Hal ini mengingat Sumatera Utara memiliki wisata alam yang menarik seperti Danau Toba.

“Danau Toba harus kita garap secara serius sebagai destinasi wisata. Perlu juga dilakukan penataan kawasan, pembangunan infrastruktur penunjang seperti hotel atau restoran, memperbanyak atraksi wisata, serta peningkatan kemampuan SDM,” ujar Jokowi yang ingin pengembangan wisata ini juga menguntungkan pelaku bisnis Kecil, Menengah, dan Mikro.

ISTMAN MP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: