Keindahan Bawah Laut Minahasa Tenggara Rusak Akibat Bom Ikan


nelayan (pelaku), penyalur dinamit dan penadahnya harus diringkus dan dijadikan rumpon.

Konon para penyalur dinamit (bom ikan) ini banyak pengusaha ikan dari luar negeri ( dari Hongkong).. Pemerintah  daerah jangan hanya berpangku tangan saja.. harus sigap dan bertindak tegas.

 

++++

RABU, 29 MARET 2017 | 12:54 WIB

Keindahan Bawah Laut Minahasa Tenggara Rusak Akibat Bom Ikan

Wisatawan melakukan snorkling di sekitar pantai Lakban, Teluk Buyat, Kecamatan Ratatotok, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, 1 Desember 2015. Pemandangan bawah laut di kawasan tersebut juga tidak kalah dengan Bunaken. TEMPO/M IQBAL ICHSAN

TEMPO.CO, Minahasa Tenggara – Penggunaan bom ikan oleh sejumlah nelayan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara dapat mengancam sektor pariwisata di daerah tersebut. Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gemma Mitra Viddy Ngantung.

“Aksi pengeboman ikan di sekitara perairan di Minahasa Tenggara mempuyai dampak buruk bagi sektor pariwisata di daerah ini,” kata Viddy Ngantung di Ratahan, Selasa, 28 Maret 2017.

Viddy mengungkapkan wilayah perairan Minahasa Tenggara tak hanya menjadi objek wisata andalan daerah, melainkan menjadi salah satu destinasi para wisatawan di Provinsi Sulawesi Utara.

“Sangat disayangkan jika keindahan bawah laut perairan di Minahasa Tenggara dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan bom ikan,” katanya.

Dia pun berharap aksi tersebut segera mendapatkan perhatian dari pemerintah dan aparat hukum untuk melakukan penindakan kepada para pelaku.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara Franky Wowor mengaku prihatin dengan masih adanya aksi pengeboman ikan. “Kami menyayangkan aksi-aksi para nelayan yang menggunakan bom untuk menangkap ikan di sekitar perairan Minahasa Tenggara, karena hal tersebut sangat merusak,” katanya.

Pemkab, kata dia, akan bekerja sama dengan aparat hukum terkait untuk mencegah aksi pengeboman ikan di wilayah perairan setempat. Mereka juga akan terus mensosialisasikan dampak buruk penggunaan bom ikan. “Kami akan bekerja sama dengan aparat hukum untuk melakukan penindakan terhadap aksi-aksi yang merusak tersebut,” katanya.

Franky pun mengimbau masyarakat untuk melaporkan kepada pemerintah desa atau kepada aparat hukum jika mendapati aksi pengeboman ikan di sekitar perairan Minahasa Tenggara.

 

BISNIS.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: