Aktivis IMM Jadi Tersangka Makar, Pengacara Ajukan Penangguhan Penahanan


Siapa suruh ikutan FUI
Sekarang baru nyesel dikerjai oleh si Gatot Saptono alias Moh Khatatath
Senin 03 Apr 2017, 14:35 WIB

Cici Marlina Rahayu – detikNews
Aktivis IMM Jadi Tersangka Makar, Pengacara Ajukan Penangguhan PenahananFoto: Cici Marlina R
Jakarta – Empat aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang diduga melakukan upaya makar dijemput oleh pihak kepolisian untuk dimintai keterangan. Salah satunya, Zainuddin Arsyad, resmi menjadi tersangka dalam dugaan makar menjelang aksi 313 lalu.

“Jadi kita itu dari Muhammadiyah ada 4 (orang), Beni Pramula sama Eka Putera tadi sudah pulang sudah di BAP, Feri sudah dipulangkan juga, kalau Zainuddin masih di penyidik, beliau ini kan mahasiswa sedang skripsi di UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), akan mempertimbangkan, IMM akan melakukan penangguhan penahanan. Akan dibuatkan suratnya, kalau dikasih penyidik tidak keberatan, dia dilakukan penangguhan penahanan,” kata anggota tim pengacara IMM, M Ihsan di Ditkrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Ihsan mengatakan penangguhan ini akan dikonsultasikan terlebih dahulu ke penyidik. Mengingat status Zainuddin masih mahasiswa.

“Kita tadi konsultasikan pada penyidik dulu, dan penyidik menyetujui, dan mendukung karena dia masih mahasiswa juga, secara nasional kita diminta bersurat ke Kapolda dan Kapolri, karena hal ini diketahui pimpinan, hari ini kita akan proses,” ujarnya.

Ihsan mengatakan penangguhan masih harus menunggu pemeriksaan selesai. Karena Zainuddin diperlukan pihak kepolisian untuk melengkapi pemeriksaan lebih lanjut.

“Kami dari pimpinan pusat Muhammadiyah, Alhamdulillah yang 3 sudah keluar, tinggal 1 lagi, dari Mako Brimob sedang dibawa ke sini pemeriksanya, nanti kalau sudah diproses ditangguhkan, akan kami dampingi,” imbuhnya.

(van/erd)

+++++++++++++++++
Senin 03 Apr 2017, 12:45 WIB

Polisi Soal Tersangka Makar Sekjen FUI: Ada Rp 3 M, Pemerintah Jatuh

Cici Marllina Rahayu – detikNews
Polisi Soal Tersangka Makar Sekjen FUI: Ada Rp 3 M, Pemerintah JatuhKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Cici-detikcom)
Jakarta – Polda Metro Jaya telah memeriksa Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath. Dari hasil pemeriksaan tersebut, Muhammad Al-Khaththath membutuhkan dana Rp 3 miliar untuk menjatuhkan pemerintah.

“Ya sedang kita dalami kembali memang di sana juga disampaikan bahwa untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah ini ada dibutuhkan dana Rp 3 miliar, Rp 3 miliar itu pemerintah bisa jatuh, sedang kita dalami kembali,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2017).

Meski begitu, Kombes Argo mengaku belum mengetahui sumber dana Rp 3 miliar tersebut. Sebab, pihaknya masih terus mendalami pertemuan rapat yang dilakukan Muhammad Al-Khaththath.

“Belum dapatkan kita ya, ya ini kan hasil dari pada pertemuan. Kemudian juga ada tim, nanti akan dilakukan tim design, tim juga di situ akan dilakukan di situ,” kata Argo.

Menurut Argo, aksi 313 yang dilakukan Muhammad Al-Khaththath masih permulaan. Aksi untuk mengulingkan pemerintah digelar pada 19 April, bertepatan pencoblosan Pilgub DKI Jakarta.

“Ya tentunya untuk kegiatan tanggal 30 sama 31 kemarin itu pemanasan saja. Baru pemanasan itu baru kita dapatkan 19 April,” tutur Argo.
(asp/asp)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: