PLTP Chevron Terbesar Ke-enam di Dunia


Oleh : Budiyanto | Kamis, 5 November 2015 | 08:09 WIB
PLTP Chevron Terbesar Ke-enam di Dunia

(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Sukabumi – Produksi listrik Chevron Geothermal Salak ltd (CGS) masuk terbesar ke-enam dunia. Saat ini, energi setrum yang dihasilkan sebesar 377 megawatt (MW).

“Di dalam sepuluh besar pengelolaan panas bumi terbesar di dunia ini, Chevron mempunyai enam lokasi, dua di Indonesia yaitu Salak dan Darajat,” kata Share Service Coordinator CGS ltd, Ali Sahid kepada INILAHCOM di Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) Gunung Salak, Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/11/2015).

Sepuluh lapangan panas bumi terbesar di dunia, secara berurutan yakni Geysers (USA) menghasilkan listrik 945 MW, Certo Prieto 720 MW, Tongunan 700 MW, Larderello (Italia) 543 MV, Max Ban (Filipina) 403 MW, Salak 377 MW, Salton Sea 331 MW, Coso 260 MW, Darajat 271 dan Tiwi 200 MW.

Sekedar informasi saja, pengelolaan panasbumi Chevron yang berdaya 377 MW ini berada di dua lokasi yakni Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi dan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor.

Masih menurut Ali, pembangkit listrik panas bumi di Gunung Salak ini, prosesnya tidak langsung dari uap. Melainkan berasal dari air asin (brine) yang berada pada kedalaman sekitar 3.000 meter. Berbeda sekali dengan PLTP di Darajat dan Kamojang yang berasal langsung dari uap.

”Makanya di lokasi Salak ini, operasinya disebut dari hulu ke hilir. Dari panas bumi lalu uap dan air dipisahkan lewat cyclone separator. Selanjutnya, uap diteruskan lewat cyclone scrubber menuju steam turbine yang akan menggerakkan generator listrik,” terang Ali.

Ali menjelaskan, untuk mendapatkan listrik sebesar 377 MW itu, CGS memiliki 76 sumur produksi yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Sumur-sumur produksi tersebut memanfaatkan lahan seluas 287 hektar di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

”Sebanyak 76 sumur ini tersebar di 16 well pad. Seperti di lokasi sumur Awi I ini ada 10 sumur dengan kedalaman paling dalam sekitar 3.000 meter,” jelas Ali. [ipe]

– See more at: http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2250181/pltp-chevron-terbesar-ke-enam-di-dunia#sthash.eMv1Y4X8.dpuf

Leave a comment